Pendaftaran Mahasiswa Asing


Ketentuan dan Kriteria Calon Mahasiswa Warga Negara Asing :

  1. Calon Mahasiswa Warga Negara Asing harus memiliki Ijazah berbahasa Inggris setara dengan Ijazah SMA untuk Program Sarjana dan setara dengan Ijazah S1 untuk Program Magister;
  2. Calon Mahasiswa Warga Negara Asing memiliki Paspor yang masih belaku;
  3. Calon Mahasiswa Warga Negara Asing memiliki Surat Izin Belajar dari Direktorat Pembinaan Kelembagaan Perguruan Tinggi, Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi;
  4. Tidak sedang dalam ketergantungan narkoba dan tidak sedang dalam masalah hukum;
  5. Bersedia mematuhi peraturan dan ketentuan yang ditetapkan oleh Universitas Medan Area dan peraturan Perundang-Undangan yang berlaku di Indonesia.

Persyaratan

  1. Surat permohonan mendaftar yang ditujukan ke Rektor Universitas Medan Area;
  2. Melampirkan salinan Ijazah dan Transkrip Akademik yang sudah disahkan oleh Sekolah dari Negara asal dan atau Perguruan Tinggi dari Negara asal
  3. Melampirkan salinan paspor yang masih berlaku
  4. Melampirkan Daftar Riwayat Hidup
  5. Pas poto berwarna ukuran 3 x 4 (4 lembar) dan 4 x 6 (4 lembar)
  6. Surat keterangan jaminan biaya pendidikan dan biaya hidup selama masa pendidikan
  7. Surat Pernyataan yang bersangkutan tidak akan bekerja selama menempuh pendidikan di Indonesia
  8. Surat Pernyataan yang bersangkutan akan mematuhi peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia
  9. Surat Pernyataan yang bersangkutan tidak akan berpartisipasi di dalam aktivitas politik
  10. Surat Pernyataan mematuhi tata tertib akademik dan kemahasiswaan Universitas Medan Area
  11. Surat keterangan kesehatan (health certificate).
  12. Mengisi formulir pendaftaran mahasiswa baru secara online pada website https://pmb.uma.ac.id
  13. Membayar biaya pendidikan dan biaya lainnya sesuai dengan peraturan yang berlaku di Universitas Medan Area

Tahapan Pendaftaran

  1. Calon mahasiswa warga negara asing mengajukan surat permohonan mendaftar yang ditujukan kepada Rektor Universitas Medan Area dengan melampirkan semua persyaratan berkas yang sudah ditetapkan.
  2. Semua dokumen calon mahasiswa baru Warga Negara Asing dibawa atau dikirim ke Kantor Biro Administrasi Kemahasiswaan, Alumni dan Informasi (BAKAI) Universitas Medan Area.
  3. BAKAI menerima surat dan berkas-berkas calon mahasiswa Warga Negara Asing, dilanjutkan dengan memeriksa kelengkapan dan keabsahan berkas calon mahasiswa baru Warga Negara Asing.
  4. Apabila seluruh berkas sudah diverifikasi maka Kepala BAKAI mengirim surat pengantar permohonan pendaftaran mahasiswa baru Warga Negara Asing kepada Rektor Universitas Medan Area.
  5. Apabila calon mahasiswa baru Warga Negara Asing dinyatakan memenuhi persyaratan dan diterima maka Rektor akan menerbitkan Letter of Acceptance (LOA) yang di proses oleh BAKAI.
  6. BAKAI melengkapi dokumen yang dipersyaratkan untuk mengajukan permohonan surat izin belajar kepada Direktur Pembinaan Kelembagaan Perguruan Tinggi cq. Subdit Kerjasama Perguruan Tinggi (KPT) melalui aplikasi Izin Belajar Mahasiswa Asing.
  7. Pengelola Layanan Izin Belajar di Subdit Kerjasama Perguruan Tinggi (KPT) menerima, melakukan Verifikasi dan Validasi atas permohonan Izin Belajar dari perguruan tinggi.
  8. Perguruan tinggi menerima persetujuan izin belajar dan menyampaikan surat izin belajar kepada calon mahasiswa.
  9. Calon mahasiswa Warga Negara Asing yang telah tiba di Indonesia harus membuat surat laporan kedatangan ke Kantor Konsulat Negara yang bersangkutan di Medan/ di Jakarta.
  10. Jika semua persyaratan calon mahasiswa Warga Negara Asing sudah lengkap, maka BAKAI dapat melakukan Pendaftaran Mahasiswa Baru Program Sarjana dan atau Program Magister untuk menerbitkan Nomor Induk Mahasiswa (NIM).
  11. Mahasiswa Warga Negara Asing selanjutnya harus melaporkan diri ke Kantor Lurah setempat untuk mendapatkan Surat Bukti Domisili yang dipergunakan untuk mengurus Izin Tinggal Terbatas (ITAS).