Pendaftaran Mahasiswa Baru Program Doktor


Sistem Pendaftaran

Pendaftaran mahasiswa baru Program Doktor Universitas Medan Area dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu sebagai berikut :

  1. Pendaftaran secara online melalui website Pendaftaran  Mahasiswa Baru dengan alamat website http://pmb.uma.ac.id
  2. Datang langsung ke Kampus II Universitas Medan Area, dengan membawa semua persyaratan dan biaya administrasi pendaftaran yang telah ditentukan. Informasi dapat dilihat di website : http://doktor.pertanian.uma.ac.id

Syarat Pendaftaran

A. Peserta

  • Konsentrasi Agroteknologi (Mahasiswa memiliki bidang ilmu dalam rumpun ilmu pertanian yaitu : pertanian, kehutanan, perkebunan, perikanan, peternakan)
  • Konsentrasi Agribisnis (Mahasiswa memiliki bidang ilmu dalam rumpun ilmu pertanian dan ekonomi)

B. Persyaratan

  • Lulus Pendidikan Program Magister (S2)
  • Lulus Tes Potensi Akademik (TPA)
  • TOEFL ≥500 atau jika belum mencapai harus memiliki sebelum seminar hasil.
  • Mendapat 3 rekomendasi dari 2 dosen pembimbing dan atasan
  • Mempunyai draft proposal/sipnosis.
  • Lulus wawancara

C. Berkas Pendaftaran

  • Menyerahkan formulir pendaftaran yang telah diisi dengan lengkap dan disertai lampiran sebagai berikut :
    • Legalisir ijazah S1 dan S2 sebanyak 4 lembar
    • Legalisir transkip nilai akademik S1 dan S2 sebanyak 4 lembar
    • Pas photo : 4 x 6 (4 lembar), 3 x 4 (4 lembar), 2 x 3 (2 lembar)
    • Fotocopy Kartu Tanda Penduduk sebanyak 2 lembar
    • Fotocopy Kartu Keluarga sebanyak 2 lembar
  • Mengisi Rekomendasi Kelayakan Akademik dari 2 dosen pembimbing dan atasan

Uraian Proses Pendaftaran

Berikut ini langkah-langkah yang harus dilakukan oleh calon mahasiswa sebagai proses pendaftaran mahasiswa baru program doktor :

  1. Mengisi Formulir Pendaftaran : calon mahasiswa dapat mengisi formulir pendaftaran yang ada di website resmi yaitu www.pmb.pasca.uma.ac.id dan calon mahasiswa harus mendownload formulir pendaftaran yang telah diisi.
  2. Pembayaran Biaya Pendaftaran : calon mahasiswa dapat melakukan pembayaran biaya pendaftaran dengan menggunakan transfer bank ke  nomor Virtual Account yang tertera di formulir pendaftaran, calon mahasisa dapat menggunakan Bank BNI, atau bank lainnya.
  3. Verifikasi Berkas : setelah langkah diatas dilaksanakan, calon mahasiswa dapat melakukan verifikasi berkas yaitu datang langsung ke  Bagian Pendaftaran Pascasarjana di Kampus II dengan membawa persyaratan berkas pendaftaran dan biaya pendidikan semester pertama.
  4. Pengisian Data Lengkap : Bagian Pendaftaran Pascasarjana akan memberikan sebuah buku formulir pendaftaran kepada calon mahasiswa yang harus menulis isian data tersebut secara lengkap.
  5. Tes Potensi Akademik (TPA) dan Tes Wawancara : Selanjutnya calon mahasiswa diarahkan untuk mengikuti Tes Potensi Akademik dan Tes Wawancara yang sudah dijadwalkan
  6. Matrikulasi : Calon mahasiswa wajib mengikuti matrikulasi yang sudah dijadwalkan