Pendaftaran Mahasiswa Baru Program Magister


Sistem Pendaftaran

Pendaftaran mahasiswa baru Program Magister Universitas Medan Area dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu sebagai berikut :

  1. Pendaftaran secara online melalui website Pendaftaran  Mahasiswa Baru dengan alamat website http://pmb.uma.ac.id
  2. Datang langsung ke Kampus II Universitas Medan Area, dengan membawa semua persyaratan dan biaya administrasi pendaftaran yang telah ditentukan. Informasi dapat dilihat di website : http://pasca.uma.ac.id

Syarat Pendaftaran

A. Peserta

  • Lulusan Program Diploma IV dan atau Lulusan Program Sarjana
  • Memiliki toefl ≥ 450
  • Bagi lulusan Luar Negeri diharuskan mengunggah Surat Penyetaraan Ijazah dari Dikti dan melampirkan buktinya.

B. Persyaratan

  • Lulus Pendidikan Program Diploma IV (DIV)
  • Lulus Pendidikan Program Sarjana Strata 1 (S1)
  • Memiliki ijazah dan transkip nilai akademik
  • Terdaftar di Pangkalan Data Pendidikan Tinggi dengan status LULUS
  • Berasal dari Perguruan Tinggi yang telah terdaftar pada Dirjen DIKTI dan terakreditasi BAN-PT
  • Lulus Tes Potensi Akademik

C. Berkas Pendaftaran

  • Menyerahkan formulir pendaftaran yang telah diisi dengan lengkap dan disertai lampiran sebagai berikut :
    • Legalisir ijazah DIV dan atau S1 sebanyak 4 lembar
    • Legalisir transkip nilai akademik sebanyak 4 lembar
    • Pas photo : 4 x 6 (4 lembar), 3 x 4 (4 lembar), 2 x 3 (2 lembar)
    • Fotocopy Kartu Tanda Penduduk sebanyak 2 lembar
    • Fotocopy Kartu Keluarga sebanyak 2 lembar
  • Mengisi Rekomendasi Kelayakan Akademik

Uraian Proses Pendaftaran

Berikut ini langkah-langkah yang harus dilakukan oleh calon mahasiswa sebagai proses pendaftaran mahasiswa baru program magister :

  1. Mengisi Formulir Pendaftaran : calon mahasiswa dapat mengisi formulir pendaftaran yang ada di website resmi yaitu www.pmb.uma.ac.id dan calon mahasiswa harus mendownload formulir pendaftaran yang telah diisi.
  2. Pembayaran Biaya Pendaftaran : calon mahasiswa dapat melakukan pembayaran biaya pendaftaran dengan menggunakan transfer bank ke  nomor Virtual Account yang tertera di formulir pendaftaran, calon mahasisa dapat menggunakan Bank BNI, atau bank lainnya.
  3. Verifikasi Berkas : setelah langkah diatas dilaksanakan, calon mahasiswa dapat melakukan verifikasi berkas yaitu datang langsung ke  Bagian Pendaftaran Pascasarjana di Kampus II dengan membawa persyaratan berkas pendaftaran dan biaya pendidikan semester pertama.
  4. Pengisian Data Lengkap : Bagian Pendaftaran Pascasarjana akan memberikan sebuah buku formulir pendaftaran kepada calon mahasiswa yang harus menulis isian data tersebut secara lengkap.
  5. Tes Potensi Akademik (TPA) dan Matrikulasi : Selanjutnya calon mahasiswa diarahkan untuk mengikuti Tes Potensi Akademik dan Matrikulasi yang sudah dijadwalkan

Kelas Perkuliahan

Perkuliahan program Magister Universitas Medan Area terbagi menjadi 3 kelas, yaitu Kelas Reguler A, Kelas Reguler B dan Reguler C yang dilaksanakan di Kampus II atau gedung Pascasarjana UMA yang berada di Jl. Setia Budi Medan

Kelas – A

  • Jumat                  : 17.00 – 21.00 WIB
  • Sabtu                  : 09.00 – 14.00 WIB
  • Alamat               : Jl. Setia Budi No. 79 B / Jl. Sei Serayu No. 70 A Medan.

Kelas – B                                                               

  • Senin – Rabu      : 17.00 – 21.00 (Sore)
  • Senin – Rabu      : 09.00 – 13.00 (Pagi)*
  • Alamat               : Jl. Setia Budi No. 79 B / Jl. Sei Serayu No. 70 A Medan.

Kelas – C

  • Sabtu                  : 09.00 – 16.00 WIB
  • Alamat               : Jl. Setia Budi No. 79 B / Jl. Sei Serayu No. 70 A Medan.